Konfigurasi Router Mikrotik RB750r2

rb750r2


Seperti yang telah kita ketahui, mikrotik hadir dalam dua versi, bentuk iso dan yang tertanam pada perangkat. Konfigurasi keduanya sama saja, bila telah membaca artikel sebelumnya, mengenai cara seting mikrotik router OS di virtualbox pasti tidak mengalami kesulitan dalam memahami artikel ini.

Mikrotik RB750r2 adalah versi terbaru dari router RB750. Nama lain untuk Mikrotik RB750r2 adalah hEX lite. Spesifikasi Mikrotik RB750r2 cukup memadai untuk digunakan di warnet, sekolah-sekolah kecil, rumahan. Dengan lisensi level 4, cukup untuk menangani 200 user hotspot serentak, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Berikut spesifikasi RB750r2

Product codeRB750r2
ArchitectureMIPSBE
CPUQCA9533
CPU core count1
CPU nominal frequency850 MHz
Dimensions113x89x28mm. Weight without packaging and cables: 129g
License level4
Operating SystemRouterOS
Size of RAM64 MB
Storage size16 MB
Storage typeFLASH
Tested ambient temperature-40°C to 70°C

Sebelum memulai konfigurasi, ada beberapa hal yang harus di siapkan. Pertama koneksi internet dari kabel LAN, karena Mikrotik RB750r2 tidak dilengkapi dengan interface wireless. Laptop yang sudah ada aplikasi winbox dan mempunyai konektor rj45.

Nyalakan router, akses menggunakan winbox. Pastikan masuk ke console mikrotik, bila mengalami kesulitan lakukan hard reset. Kemungkinan user dan password sudah tidak default lagi artinya router sudah ada yang men konfigurasi sebelumnya. Secara default login mikrotik adalah admin dengan password dikosongkan.



Cara hard reset mikrotik router rb750r2 bisa dicari di google, banyak artikel membahasnya.

Kita asumsikan mikrotik router rb750r2 bisa di akses melalui winbox. Akan tampil antar muka winbox. Ada beberapa parameter yang harus diketahui sebelum konfigurasi dilakukan. Yaitu gateway, DNS, jaringan di DHCP atau statis. Untuk mengetahuinya hubungkan laptop dengan jaringan internet yang akan digunakan untuk konfigurasi router rb750r2.



Buka command prompt ketik ipconfig/all lihat pada interface yang terpakai, dalam hal ini ethernet adapter local area connection.


Koneksi internet memakai dhcp server, DNS menggunakan 10.10.10.1 dan seterusnya. Sesuaikan konfigurasi yang akan dilakukan dengan parameter tersebut.

Mulai dengan seting IP address. Karena internet menggunakan DHCP server untuk memudahkan konfigurasi, pada rb750r2 IP address menggunakan DHCP Client. Ke menu IP > DHCP Client kemudian tambahkan.


Ubah interface dengan ether1 karena sumber internet masuk ke port ether1, Apply > OK. Kemudian status menjadi bound (bisa dilihat pada bagian bawah jendela DHCP client). Pada IP address list akan muncul IP addres dengan sendirinya dengan status D (Dynamic)



Router sudah terkoneksi dengan internet. Bisa dibuktikan dengan perintah ping- di New Terminal



Berikutnya seting router sebagai gateway bagi semua komputer client yang terkoneksi dengan router. Kita tetapkan client terhubung melalui port 2 router. Langkah-langkahnya Seting ip addres untuk ether2, seting firewall, dan terakhir dhcp server untuk ether2.

Ke menu IP > Address kemudian tambahkan IP address, misal IP = 192.168.62.1/24 interface = ether2 > Apply > OK



Kemudian seting firewall. Ke menu IP > Firewall > NAT. Isi Chain dengan srcnat. Out Interface dengan ether1(internet masuk melalui port 1 / ether1)



Ke tab Action > Masquerade



Langkah terakhir seting dhcp server. DHCP server di berikan melalui ether2. Koneksi internet untuk client melalui ether2.
Ke menu IP > DHCP Server. Pilih DHCP Setup. Pada isian DHCP Server Interface pilih ether2 kemudian Next.



Pilih Next lagi Lakukan terus sampai muncul notifikasi seting sukses.



Seting DHCP server sudah dilakukan. hubungkan dengan client, jangan lupa setting network nya ke automatically.


Disisi client bisa dilihat alamat IP yang didapat



Kemudian lakukan test koneksi, lakukan ping-


Konfigurasi mikrotik router rb750r2 selesai dilakukan. Semoga bermanfaat.


Link pembelian barang

2 komentar untuk "Konfigurasi Router Mikrotik RB750r2"