Merangkai Kontak NO dan LED pada PLC

Cara Pembuatan diagram ladder sudah dibahas, upload diagram ladder ke PLC ada pada artikel sebelumnya. Kali ini kita akan bahas bagaimana merangkai pushbutton NO dan LED ke PLC. Kita asumsikan PLC sudah diprogram dengan diagram ladder sederhana yang terdiri dari NO dan LED. Saat NO ditekan LED menyala, bila dilepas LED padam. Port yang digunakan adalah input 0.00, output 100.00. Bila di gambarkan, diagram laddernya sebagai berikut

NO ladder


Polaritas COM

Sebelum mulai merangkai, pahami terlebih dahulu tentang fungsi COM. Pada PLC port COM bisa di hubung ke polaritas positif (+) atau negatif (-). Mengapa bisa begitu? PLC terbagi dua blok, yaitu blok input dan blok output. Secara elektrikal atau rangkaian listriknya, masing-masing blok tidak terpengaruh dengan blok lainnya. 

polarity com

Pada diagram di atas, COM input di beri tegangan negatif atau 0 Volt. COM output juga diberi tegangan 0 Volt. Bagaimana bila COM input di beri tegangan positif? bisa saja, dengan syarat kontak nya atau switch terhubung ke tegangan negatif atau 0 volt. 

Begitu pula pada blok output, COM bisa diberi tegangan positif, LED nya terhubung ke polaritas negatif atau 0 Volt.

Bila digambarkan, rangkaian yang bisa diterapkan pada PLC adalah sebagai berikut

polarity plc


COM Input dan COM output sama-sama negatif atau sama-sama positif atau kombinasi antara positif dan negatif. Aturan yang bakunya, rangkaian harus tertutup, artinya arus mengalir dari power suplay ke kontak/switch terus masuk ke PLC melalui port yang telah ditentukan kemudian keluar dari PLC melalui port COM kembali lagi ke power supply

Rangkaian PLC

Kita tetapkan COM input dan output di beri tegangan 0 volt. LED menggunakan LED 24 volt DC, tanpa polaritas (bisa bolak balik). 

dc 24v lamp
Kontak menggunakan jenis NO (normally open)

switch no


Rangkai PLC seperti gambar di bawah ini

plc circuit


Pemasangan pada port PLC harus seksama, jangan sampai salah port. Perhatikan posisi portnya, pada barisan atas atau bawah. 

plc circuit no



Bila semua sudah siap, lakukan pengujian. Tekan pushbutton NO, perhatikan LED nya. Bila menyala, berarti ladder yang kita buat benar. Rangkaian PLC juga terpasang dengan benar.

Semoga bermanfaat.



Link pembelian barang

  • PLC Omron Tipe CP1E-N20DR-A
  •  

    Posting Komentar untuk "Merangkai Kontak NO dan LED pada PLC"