Install Apache di Debian 12 Bookworm

apache debian 12


Apache adalah salah satu webserver yang di dukung Linux. Dan sudah pasti berlisensi freeware. Apache mendapatkan pendanaan dari sponsor perusahaan teknologi informasi besar seperti Google, Microsoft, AWS dan seterusnya. Apache telah digunakan sebagai webserver selama 25 tahun. Karena itu Apache begitu populer, bersaing dengan webserver lain seperti Nginx, IIS dan lain-lain.


apache ilustration


Bagaimana cara install Apache di Debian? bisa dilihat pada artikel Install Web Server di Debian 10. Tutorial kali ini mengulang dari artikel tersebut, ada perbedaan pada sistem operasi yang digunakan yaitu Debian 12. Seperti tutorial sebelumnya yang ada di blog ini, Debian 12 versi 64 bit berjalan di Virtualbox. 


repository debian 12


Update Debian

Seperti halnya semua sistem operasi, diperlukan proses update. Debian yang merupakan sistem operasi Linux, diperlukan juga proses update. Perintah update di dahului dengan pembaharuan pada repository. Ini dilakukan agar paket-paket yang diperlukan untuk install suatu aplikasi bisa langsung digunakan. 


updated repository


Pastikan Debian terhubung ke internet. Konfigurasi Debian menggunakan IP address manual. Cara konfigurasi Debian agar terhubung internet bisa menggunakan cara berikut ini. Berikut tampilan IP address Debian yang sudah terhubung ke internet.


ip address debian 12


ping test


Setelah memperbaharui repository dan Debian terhubung ke internet, jalankan perintah update.

# apt update

Debian akan mendownload paket-paket yang diperlukan pada proses update. 


apt update

Install Apache

Setelah proses update selesai, dilanjutkan dengan install apache. Untuk mengetahui perubahan setelah install apache, bisa di cek terlebih dahulu sebelum install apache. Buka google chrome, akses ke IP address Debian


the site can't reached



Tampilan di atas adalah tampilan google saat meng akses Debian yang belum terinstall Apache.

Jalankan perintah install Apache

# apt install apache2

Proses install berlangsung


apache install progress

Bila proses install Apache selesai, bisa di cek kembali ke google chrome


apache view


Web Sever Apache sudah bisa di panggil di google chrome. Tampilan tersebut adalah tampilan default dari Apache. 

Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Install Apache di Debian 12 Bookworm"