Transfer Diagram Ladder to PLC Omron

ladder to plc


Diagram ladder adalah intruksi yang dibutuhkan PLC untuk menjalankan fungsi-fungsinya. Agak berbeda dengan mikrokontroller pada umumnya, yang menggunakan bahasa pemrograman sebagai intruksinya. Mikrokontroller ada yang menggunakan bahasa C sebagai intruksinya, adapula yang menggunakan bahasa mesin berjenis low level language. Yang berjenis mini PC seperti Raspberry Pi, menggunakan bahasa pemrograman Python.

Simulasi

Diagram ladder dibuat terlebih dahulu di komputer. Disesuaikan dengan merk PLC yang digunakan, aplikasi untuk membuat diagram ladder di peruntukkan hanya untuk PLC tersebut. Untuk merk PLC Omron menggunakan CX-Programmer. PLC merk selain Omron tidak bisa menggunakan CX-Programmer. Pada saat memulai membuat ladder, tentukan type PLC yang digunakan. Misal PLC nya tipe CP1E-E20, kita sesuaikan.

cp1e e20


Buat diagram ladder sederhana, misalkan satu kontaktor NO dan sebuah coil yang di fungsikan sebagai LED.

ladder simple


Sebelum diagram ladder di transfer ke PLC, dilakukan simulasi terlebih dahulu, menggunakan perintah Simulation > Work online simulator. Kemudian double click pada komponen yang akan disimulasikan dalam hal ini tombol NO, tampil jendela Set New Value, isikan angka 1 pada Value (berarti tombol NO ditekan atau bernilai 1 atau menghantarkan arus listrik), klik Set. Ubah nilai value menjadi 0 (kebalikan dari nilai 1), amati perubahan pada diagram ladder. 

Fungsi simulasi adalah untuk mengecek adakah error yang terjadi. Selain itu untuk melihat proses yang berlangsung, apakah sesuai dengan rancangan kita.

ladder simulation


Bila diagram ladder sudah dipastikan tidak ada error dan prosesnya sesuai yang diinginkan, selanjutnya dilakukan transfer ke PLC.

Transfer to PLC

Hubungkan kabel data (seperti kabel data yang di gunakan untuk printer) ke PLC dan port USB pada komputer, nyalakan PLC.

device manager indicator


Bila aplikasi CX-Programmer ter install secara benar dan lengkap, akan tampil device Omron Sysmac PLC pada device manager. Proses transfer bisa dilanjutkan.

Ke Menu PLC > Work Online. Pilih Yes 

plc work online
PLC dan komputer sekarang sudah terhubung, indikator peripheral pada PLC berkedip menyala merah.

indicator peripheral plc


Ke menu PLC kembali, pilih Transfer > To PLC. 

transfer to plc


Bila muncul jendela dialog, pilih OK dan Yes. Proses transfer berlangsung, hanya memerlukan waktu beberapa detik.

download successful


Bila proses transfer berhasil tampil notifikasi Download successful

Sampai disini langkah-langkah transfer diagram ladder pada PLC omron selesai dilakukan. Kabel USB bisa dilepas. Bila menginginkan proses yang terjadi pada PLC di pantau melalui komputer, kabel USB tidak perlu dilepas. Setelah notifikasi Download successful, tampil jendela dialog Run Mode. Pilih Yes

run mode


Pada saat PLC dijalankan, misal menekan tombol NO, indikator contact NO pada diagram ladder juga akan menyala atau berwarna hijau, sebagai indikasi NO dalam keadaan short atau terhubung.

Itulah langkah-langkah transfer diagram ladder pada PLC Omron. Semoga bermanfaat.



Link pembelian barang

  • PLC Omron Tipe CP1E-N20DR-A
  • Posting Komentar untuk "Transfer Diagram Ladder to PLC Omron"