Membuat Fungsi Keep Menggunakan CX-Programmer

cover keep



Pada proyek sederhana PLC, Lampu dan push button (PB) NO (normally open). Saat PB di tekan, lampu menyala. Ketika di lepas lampu padam. Diagram ladder dan rangkaiannya tersedia di artikel merangkai kontak NO dan LED pada PLC. Untuk mempertahankan posisi ON, lampu menyala walau push button NO di lepas, di gunakan fungsi self holding.

Fungsi yang sama dengan self holding adalah fungsi keep, fungai keep pada PLC ini menggunakan PLC Instruction. Dengan PLC Instruction, fungsi yang kita inginkan bisa dipanggil dengan cara mengetik fungsi yang dimaksud. Ada beberapa fungsi yang bisa di terapkan pada PLC Omron. Salah satunya fungsi keep.

Fungsi KEEP

Buat proyek baru dengan tipe plc omron cp1e, tempatkan NO dengan port 0.00

cover keep


Tambahkan PLC Instruction disamping NO, tidak perlu di tempatkan di akhir rung. Secara otomatis fungsi keep ditempatkan di akhir rung.

make keep


Ketik KEEP 100.00 pada jendela New Instruction. Angka 100.00 adalah port output. Jangan lupa tambahkan label.

make keep start



Langkah selanjutnya, menambahkan tombol reset pada fungsi keep. Tempatkan NO yang kedua pada rung yang sama dengan fungsi keep. 

make keep off



Push button NO belum terhubung ke KEEP, langkah terakhir menyambung NO 0.01 ke fungsi KEEP. Tempatkan garis horizontal disamping NO, diulang beberapa kali sampai menyentuh KEEP.

make keep horizontal



PB 0.00 pada bagian atas, memicu KEEP untuk ON. PB 0.01 di bagian bawah mengubah keadaan KEEP menjadi OFF.

keep complete


Simulasi

Jalankan simulasi, tekan tombol Ctrl + Shift + W berbarengan. Double click  PB 0.00, pada jendela Set New Value masukkan angka 1 di baris Value (berarti PB ditekan) kemudian Enter.

keep simulation on


keep on


Output Q: 100.00 bernilai 1 artinya lampu menyala. Lepas PB 0.00 dengan memasukkan angka 0 di baris Value. Lampu tetap menyala. 

keep always on



Mematikan lampu dengan cara menekan PB 0.01 (memberi input 1 pada push button yang bawah).

Fungsi KEEP bisa di modifikasi dengan mengganti PB 0.01 menggunakan NC. Bila ini dilakukan, push button fisik juga di ganti dengan NC (normally close). Karena biasanya push button ON/OFF di jual satu modul, yang berwarna hijau NO, berwarna merah NC. 

on-off



Itulah tutorial bagaimana membuat fungsi keep pada plc omron cp1e. Semoga bermanfaat


Link pembelian barang

  • PLC Omron Tipe CP1E-N20DR-A
  • Posting Komentar untuk "Membuat Fungsi Keep Menggunakan CX-Programmer"