Penerapan Fungsi Timer Untuk Membuat Ladder Flashing

cover flashing

Membuat fungsi Timer menggunakan CX-Programmer dijelaskan pada artikel Membuat Fungsi Timer Pada Diagram Ladder Menggunakan CX-Programmer. Fungsi utama timer adalah menunda proses ON dengan waktu yang sudah ditetapkan. Timer akan menghitung mundur mulai dari nilai maksimal timer menuju 0. Saat nilai 0 tercapai, timer ON. Dan akan meng aktifkan contact jika fungsi timer digunakan pada contact tersebut.

Flashing

Fungsi timer selanjutnya, bisa digunakan untuk flashing atau flip flop. Yaitu fungsi nyala mati. Keadaan ON/OFF bergantian dimanfaatkan untuk menyalakan lampu indikator, bisa dengan 2 lampu dengan cara menyala padam bergantian atau 1 lampu menyala padam. Keadaan lampu ON/OFF secara terus menerus dengan interval waktu tertentu, bisa menarik perhatian. Maka salah satu penerapan flashing adalah meng aktifkan lampu emergency


Diagram Ladder Flashing

Kita buat diagram ladder fungsi flashing menggunakan 2 timer. Sebagai pengendali menggunakan rangkaian self holding. Fungsi ON/OFF menggunakan NO/NC. Indikator flashing menggunakan 2 lampu yang menyala bergantian. Berikut gambar diagram ladder flashing. 

flashing


Saat simulasi, input 1 di berikan ke NO 0.00. TimerSatu aktif dan menghitung mundur selama 10 X 0,1 detik. Pada 0 detik TimerSatu ON dan tetap pada posisi ON. Pada saat bersamaan TimerDua mulai menghitung mundur karena arus mengalir melalui T001. Pada 0 detik TimerDua ON sesaat, pada saat bersamaan contact NC T002 memutus arus ke TimerSatu, itu artinya timer dalam posisi OFF dan T001 akan memutus arus ke TimerDua. TimerDua seketika ke posisi OFF dan contact NC T002 mengalirkan arus ke TimerSatu kembali.


flashing process



TimerSatu mengulang proses kembali, demikian seterusnya. Proses nyala padam TimerSatu digunakan pada contact NO T001 dan NC T001. Sebagai output menggunakan Lampu1 dan Lampu2, maka lampu akan menyala bergantian. 


timersatu

Kesimpulannya, TimerDua digunakan untuk meng aktifkan dan meng non aktifkan TimerSatu. Dengan kata lain TimerDua tidak akan pernah menyala, walaupun aktif dan menghitung mundur. Karena pada saat akan menyala, sesaat kemudian langsung padam.

Itulah diagram ladder flashing yang dibuat dengan CX-Programmer, Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penerapan Fungsi Timer Untuk Membuat Ladder Flashing"