Setting Masquerade di Router RB941-2nD

nat masquerade

Artikel ini kelanjutan dari artikel sebelumnya, Menyambungkan router mikrotik rb941-2nD dengan hotspot handphone. Router telah tersambung ke internet, dibuktikan dengan ping ke domain aktif. Laptop terhubung melalui kabel UTP pada port 1 router, laptop belum bisa tersambung dengan internet. Ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan.

IP Private

Semua perangkat jaringan di seluruh dunia membutuhkan ip public untuk tersambung ke internet. Permasalahan akan terjadi jika jumlah perangkat melebihi jumlah angka ip address yang bisa di gunakan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ditetapkan IP Private. Yaitu ip address yang bisa digunakan secara bebas, dan dimungkinkan ada yang menyamai. Keterbatasan ip private adalah tidak bisa terkoneksi ke internet. 

ip private

Lalu bagaimana cara ip private bisa ter koneksi ke internet? di router ada fasilitas masquerade, yaitu men translasi ip private ke ip public, dengan cara ini semua ip private baik kelas A, Kelas B dan Kelas C bisa tersambung ke internet. 

Setting Masquerade

Pastikan router sudah terkoneksi ke internet. Kemudian tentukan IP address untuk ether1. Gunakan IP address kelas c.

add ip address

Untuk memudahkan client terhubung dengan router, selanjutnya setting DHCP Server. Setting ini dilakukan setelah ada ip address pada interface yang akan kita jadikan DHCP Server. Ke  menu IP > DHCP Server. Pilih DHCP Setup, tentukan interface yaitu ether1, kemudian Next sampai tampil notifikasi berhasil.

ip dhcp server

Bila DHCP Server sudah aktif laptop yang terhubung, secara otomatis mendapatkan alamat IP address. Dengan catatan setting di Network and Sharing Center, pada posisi di automatically. 

Pada langkah ini, laptop masih belum terhubung ke internet. Selanjutnya setting masquerade. Ke menu IP > Firewal > NAT

ip firewall nat


Setelah itu ke tab Action. Pada baris Action pilih masquerade.

nat masquerade


Setting masquerade selesai. Langkah terakhir, cek koneksi ke domain aktif. Lakukan di command prompt.

ping ditempel


Laptop sekarang sudah terhubung ke internet. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Setting Masquerade di Router RB941-2nD"