Deteksi Objek Dengan Sensor Infra Merah (Arduino)

infrared sensor


Ada banyak sensor yang tersedia di pasaran. Makin populernya penggunaan microcontroller arduino, sensor-sensor ini dibuat dengan tegangan operasional menyamai tegangan pada arduino, sebesar 5 volt. Konfigurasinya sangat mudah karena tidak memerlukan konverter tegangan. Kalau di dunia komputer istilahnya plug and play.

Kita akan mempraktekkan penggunaan sensor infra merah. Sensor ini menggunakan sinar infra merah sebagai media deteksinya. Seperti yang kita ketahui, sinar infra merah tidak terlihat oleh mata, dengan keuntungan ini, sensor infra merah sangat cocok untuk penggunaan alarm.

Sensor Infra Merah

Sensor terdiri dari pemancar sinar infra merah dan penerima. 


infrared sensor




Pemancar mempunyai bentuk fisik seperti LED, berwarna bening. Penerimanya berwarna hitam. Sinar infra merah dihasilkan pemancar, bila ada objek didepan nya, sinar infra merah memantul ke penerima. Maka objek terdeteksi.

how work infra red



Terdapat distance adjust yang bisa di putar untuk mendapatkan jarak yang tepat antara objek dan sensor. Tapi rentang jarak tidak terlalu jauh hanya beberapa centimeter saja.

Code

Untuk mengendalikan sensor, dibutuhkan beberapa kode arduino. Kode cukup sederhana tanpa menggunakan library. Berikut kode nya


Output dari sensor masuk ke PIN 4, Vcc dan Ground masing-masing ke 5V dan GND. Di coba dengan menggerakkan objek di depan sensor. Bila benda mendekati sensor, akan menyalakan LED. 

infrared on process



Pada percobaan yang dilakukan, sensor tidak berfungsi normal di siang hari saat panas terik. Benda warna hitam juga menyerap sinar infra merah, intensitas yang dipantulkan sedikit jadi tidak sensitif untuk benda yang berwarna hitam.
Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Deteksi Objek Dengan Sensor Infra Merah (Arduino)"