Membedakan Motor Stepper Unipolar dan Bipolar

motor stepper


Motor stepper banyak di aplikasikan untuk perangkat yang memiliki presisi tinggi, seperti harddisk, DVD ROM, Printing 3D, robotika dan yang lainnya. Keunggulan motor stepper adalah bisa melakukan gerak memutar dengan sudut yang kecil, disebut langkah. Makin banyak langkah yang diperlukan untuk melakukan satu kali putaran, maka makin presisi sebuah motor stepper.

Ada 2 jenis motor stepper yang umum dipakai, yaitu motor stepper bipolar dan unipolar. Perbedaan motor berdasarkan pada lilitan yang digunakannya.

Motor Stepper Unipolar

Motor jenis ini mempunyai center tap pada lilitannya. Center tap ada yang disatukan dan ada yang di pisah. Berpengaruh pada keluaran kabelnya. Biasanya center tap yang disatukan mempunyai keluaran 5 kabel. Kabel warna merah sebagai center tap, kabel warna orange dan pink pasangan 1 lilitan, warna kuning dan biru pasangan lilitan yang lain. Contoh motor stepper unipolar adalah motor stepper 28BYJ-48.

motor stepper unipolar


Karena setengah koil yang dipakai untuk melakukan satu langkah, maka daya yang dibutuhkan lebih kecil, tapi ber imbas ke torsi yang dihasilkan. Torsi tidak terlalu besar. Untuk mengontrolnya juga hanya membutuhkan driver sederhana, yang bisa melakukan pemutusan dan penyambungan arus. Contoh driver nya ULN2003AN.

Motor Stepper Bipolar

Motor stepper bipolar tidak mempunyai center tap. Proses gerak putar nya dilakukan dengan mengubah polaritas masing-masing lilitan, saat tertentu di beri polaritas positif (+), pada waktu yang lain polaritas negatif(-). Cara kerja motor stepper bipolar seperti ini, membutuhkan driver yang agak komplek karena proses perubahan polaritas tersebut. 

motor stepper bipolar



Motor stepper bipolar, umumnya mempunyai 4 kabel keluaran. Kabel warna merah dan hijau berpasangan untuk 1 lilitan. Kabel warna kuning dan biru/putih berpasangan untuk lilitan yang lain. Warna kabel tidak tentu untuk masing-masing motor, untuk lebih jelasnya bisa di lihat di datasheet produk motor stepper yang bersangkutan. Contoh motor stepper bipolar adalah Nema 17, untuk drivernya L298N.

Unipolar Vs Bipolar

Dari dua jenis motor stepper tersebut, ada keuntungan dan kerugian masing-masing. Di sesuaikan dengan kebutuhan, mau memilih motor yang mana. Berikut rangkumannya

specification stepper motor



Semoga artikelnya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Membedakan Motor Stepper Unipolar dan Bipolar"