Memutar Motor DC Dengan Motor Shield L293D

motor dc l293d

 

Masih menggunakan motor shield L293D, kali ini motor yang akan digerakkan adalah motor dc. Cukup mudah untuk menggerakkan motor dc, tinggal memberi tegangan konstan dengan nilai optimum, maka motor dc akan berputar stabil. Tapi untuk kebutuhan proyek, tidak hanya gerak putar saja yang dibutuhkan. 

Motor dc harus bisa berputar makin cepat atau makin lambat. berputar searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam. Untuk itu dibutuhkan driver untuk mengendalikannya. Sebagai contoh pada smart car, mobil mini yang populer. Mobil bisa bergerak maju, mundur maupun berbelok, itu bisa dilakukan berkat keberadaan driver motor dc.

Motor DC dan Motor Shield L293D

Modul L293D bisa men drive 4 buah motor dc sekaligus, karenanya board dilengkapi dengan 4 pasang konektor header. Masing-masing di beri tanda M1, M2, M3 dan M4. Untuk supply tegangan di perlukan power eksternal, besarnya bisa 9 volt atau 12 volt. 

l293d modul



Motor shield bisa di tempel kan langsung ke board arduino, sehingga tidak diperlukan kabel konektor. Praktek kali ini kita menggunakan 2 motor dc yang dilengkapi gearbox (berwarna kuning). Motor DC jenis ini sangat familiar bagi para peng hobi smart car berbasis arduino. 


motor geared



Code

Berikut kode yang digunakan untuk menggerakkan motor dc. Hanya 2 motor yang digunakan, bila menghendaki 4 motor, tinggal ditambahkan variabelnya.



Saat di jalankan kedua motor berputar selayaknya 2 buah roda yang arah geraknya se arah. Tapi kalau di perhatikan di kode programnya, motor 3 dan motor 4 di setting berputar berlawanan. Hal ini bergantung dengan posisi penyambungan kabel motor ke port motor shield.


l293d with motor



Semoga artikel ini membantu untuk proyek selanjutnya, yaitu smart car.


Posting Komentar untuk "Memutar Motor DC Dengan Motor Shield L293D"