LCD I2C Untuk Menampilkan Running Text

lcd 16x2 i2c

Sebagai display untuk menampilkan output di arduino, LCD 16x02 sangat populer. Memiliki 2 baris digit, masing-masing baris mempunyai 16 kolom digit, LCD 16x02 memiliki kapasitas menampilkan 32 karakter. Lebih dari cukup untuk sebagian besar proyek arduino.


running text

Namun adakala nya karakter yang ingin di tampilkan lebih dari 32 karakter, sedangkan kapasitas maksimal 32 karakter. Solusinya dengan membuat running text berbasis LCD 16x02. Tulisan yang tampil lebih dahulu di geser ke arah kiri sampai menghilang. Tulisan yang belum muncul di gerakkan ke arah kiri hingga tampil.

Setting Running Text

Konfigurasi seperti pada setting sebelumnya. Perubahan hanya pada kode arduino. Berikut kode program arduino lcd running text.


Library masih menggunakan LiquidCrystal_I2C, bisa di lihat pada artikel Menggunakan LCD I2C Dengan Arduino Uno, link download dan cara menambahkan library dijelaskan di artikel tersebut.


running text

Pergerakan running text tampak tersendat, bisa di maklumi karena respon on/off nya tidak terlalu cepat. Selamat mencoba running text lcd i2c arduino.


Link Pembelian Barang

2 komentar untuk "LCD I2C Untuk Menampilkan Running Text"

  1. Om, terima kasih atas sharing running tex tnya, tadi saya coba tapi saya masih kurang puas karena running text nya sprt blinking, apa ada gak ya cara spy running text nya tidak blinking ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba diputar trimpot di belakang LCD. yg warna biru.

      Hapus