Menyalakan LED Internal (Tutorial Sederhana ESP32 dan Serial Bluetooth Terminal)

serialbt esp32

Seperti diketahui, ESP32 bisa berkomunikasi melalui wifi dan bluetooth. Kali ini kita akan mencoba tutorial menyalakan led built in yang ada di ESP32 dengan aplikasi Serial Bluetooth Terminal. Modul ESP32 mendukung dua standard bluetooth saat ini, yaitu Classic Bluetooth (Classic BT) dan Bluetooth Low Energy (BLE). Tutorial yang akan dilakukan menggunakan Classic BT.

Aplikasi Serial bluetooth terminal (SerialBT) bisa di dapat di play store. Aplikasi SerialBT dengan kapasitas kurang dari 1 MB, sangat berguna untuk komunikasi dengan perangkat bluetooth, yang Classic BT atau BLE.

Code

Berikut kode yang digunakan untuk tutorial ini



Data untuk kendali, menggunakan data byte berupa karakter biner, nilainya 1 atau 0. Dengan menggunakan statement if  led internal diatur menyala ketika menerima karakter 1, dan padam ketika menerima karakter 0.

Perangkat ESP32 siap untuk di kendalikan. Buka serial monitor untuk melihat pesan yang tampil. Untuk memulai booting dari awal, gunakan tombol EN di ESP32.

Konfigurasi SerialBT 

Aplikasi serialBT di jalankan. Bluetooth di handphone pastikan dalam keadaan ON. Pada menu pilih Devices akan tampil perangkat yang memancarkan bluetooth


sserialbt devices



Pilih ESP32, tampil notifikasi perangkat sudah terkoneksi


serialbt connected



Untuk mengirim karakter gunakan tombol macro, tersedia 6 tombol. Tentukan 2 tombol untuk mengirim karakter 1 dan 0. Misal M5 dan M6. 

Tekan M5 agak lama, input Value = 1, klik tanda ceklist. Tombol M6 value = 0.

edit macro



Lakukan testing, Tekan M5 dan M6 bergantian. Perhatikan modul ESP32. Led internal berwarna biru akan nyala padam. 


serial monitor serialbt



Pada serial monitor juga bisa dilihat, ada karakter 1 dan 0 yang terkirim.


serialbt esp32



Semoga bermanfaat.

Link pembelian barang

  • ESP32 Dev Module Dev-Kit
  • Posting Komentar untuk "Menyalakan LED Internal (Tutorial Sederhana ESP32 dan Serial Bluetooth Terminal)"