Cara Mengetahui dan Mengubah MAC Address ESP8266

change mac address esp8266

MAC address adalah identitas perangkat jaringan yang terhubung ke suatu jaringan. Itu berarti perangkat yang terhubung ke jaringan, syaratnya harus mempunyai MAC address. Begitu pun ESP8266 Wemos Mini, harus mempunyai MAC address agar ter koneksi ke internet. MAC (Media Access Control) Address berupa 6 grup 2 bilangan heksadesimal. Dari kumpulan bilangan tersebut, terdapat data vendor pembuat perangkat. Dengan mengetahui MAC address, kita juga bisa mengetahui siapa yang memproduksi perangkat tersebut. Banyak sumber di internet yang menjelaskan hal itu.

Lalu bagaimana cara mengetahui MAC address dari ESP8266 yang kita miliki? Bila digunakan untuk perangkat IoT dan terhubung dengan wifi, MAC address ESP8266 bisa di cek di router atau handphone bila menggunakan hotspot dari handphone.

Melihat MAC Address

Pada artikel Update Jam dan Tanggal dengan ESP8266 Via NTP Server ESP8266 di hubungkan ke wifi, misal wifi berasal dari hotspot handphone, bisa diketahui MAC addressnya dengan melihat perangkat yang terhubung di handphone tersebut.


connected devices



Atau dengan cara lain yang tidak memerlukan sambungan wifi, dengan menggunakan kode dibawah ini



Setelah ter upload dengan sukses, tombol reset pada ESP8266 di tekan sekali, lihat di serial monitor

mac address esp8266



Mac address sama dengan yang dilihat di  handphone.

Mengubah MAC Address

Untuk keperluan tertentu, MAC address bisa dirubah. Namun tidak merubah MAC address secara hardware. Artinya bila perangkat dimatikan dan dinyalakan kembali, maka MAC address hardware yang terbaca. 

Langkah pertama untuk mengubah MAC address ESP8266 adalah menentukan MAC address baru yang akan digunakan, misal seperti dibawah ini

{0x32, 0xAE, 0xA4, 0x07, 0x0D, 0x66}


Kemudian masukkan dalam kode, upload. Kode yang digunakan seperti ini


Untuk melihat perubahan MAC address, tombol reset harus di tekan satu kali. Lihat di Serial monitor


new mac address


Itulah cara merubah MAC address di ESP8266. Selamat mencoba.



Link pembelian barang

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui dan Mengubah MAC Address ESP8266"