Mengenal Cloud Computing Tingkat Dasar

 

cloud

Cloud computing atau komputasi awan adalah aktifitas yang melibatkan lalu lintas layanan yang dihosting di internet. Penjelasan umumnya, cloud computing adalah aktifitas menggunakan komputer dimana hardware nya seperti harddisk, berada di server yang lokasinya entah dimana. Cloud computing bisa terselenggara dengan baik dan stabil bila infrastruktur jaringan dan internet lancar.

Ada kasus seperti ini, seorang karyawan menggunakan komputer kantor untuk melakukan pekerjaan. Namun karena suatu dan lain hal, pekerjaannya tidak selesai hari itu, Dia melanjutkannya di rumah dengan menggunakan laptop pribadi nya. Perangkat yang dia gunakan berbeda, namun data yang dia kerjakan sama. Ini dimungkinkan terjadi karena menggunakan cloud computing. Data tersebut tersimpan di harddisk server, kapanpun dan dimanapun kita bisa akses dan manipulasi data tersebut.

Terdapat 3 kategori utama dari cloud computing, kita akan bahas satu persatu 

1. Infrastructure as a service (IaaS)

Infrastruktur lebih menekankan ke hardware. Layanan cloud computing berbasis Iaas menyediakan layanan dalam bentuk pemakaian harware, hardware bisa berupa virtualisasi atau fisik. Contohnya layanan hosting, layanan VPS, collocation server, dedicated server dan yang lainnya. (jagoanhosting, niagahoster, digitalocean, AWS, Microsoft Azure).

digital ocean

2. Platform as a service (PaaS)

Layanan cloud computing berbasis platform memberikan layanan berupa sistem operasi, penyimpanan, server, jaringan hingga database. Dengan kelengkapan layanan tersebut, developer atau pengembang mendapatkan kemudahan dalam membangun, menguji, menerapkan, memelihara dan memperbaiki aplikasi buatan mereka dengan lebih mudah dan murah. Contoh layanan ini adalah Microsoft azure, Google App engines, Heroku dan masih banyak yang lainnya.


azure


3. Software as a service (SaaS)

SaaS memberikan layanan berupa penggunaan perangkat software atau perangkat lunak dan aplikasi. Dengan layanan SaaS pengguna hanya fokus pada pemanfaatan aplikasi, tanpa harus memikirkan instalasi, lisensi, upgrade dan maintenance. Contoh layanan yang masuk kategori ini adalah Google Apps, Dropbox, Office 365, Adobe Creative Cloud dan masih banyak yang lainnya.

google apps



Dari tiga kategori layanan diatas, ada yang berbayar ataupun gratis. Layanan yang banyak pemakainya dan gratis adalah google apps, yaitu google docs, google sheets, google slides, google forms dan masih banyak lagi layanan dari Google Apps.
Semoga bermanfaat. 


Posting Komentar untuk "Mengenal Cloud Computing Tingkat Dasar"