Tutorial Google Sheets, Mengekstrak Huruf

sheets

Google sheets merupakan layanan dari google untuk membuat spread sheet, semacam Microsoft Excel. Google sheets mendukung fungsi-fungsi yang di gunakan di excel. Salah satu fungsi tersebut adalah mengekstrak huruf dari sebuah kata atau kalimat. Kegunaan fungsi ini diantaranya untuk menyingkat suatu nama biar tidak terlalu panjang, atau mengartikan kode yang sudah ditetapkan sebelumnya. 

LEFT( )

Fungsi left ( ) digunakan untuk mengambil beberapa huruf paling depan atau paling kiri dari sebuah kata atau kalimat. Misal mengambil 7 huruf paling depan dari kata "selamat datang".
- Ketik kalimat "selamat datang" di cell A2
- Letakkan pointer di cell B2
- Ketik fungsi =left(A2, 7)

function left


Cell B2 akan tampil tulisan "selamat". Perlu diperhatikan, fungsi selalu di awali dengan tanda sama dengan (=). Pemisah antara nama cell dan jumlah karakter disesuaikan dengan format pada handphone. Bisa koma (,) atau titik koma (;). Format fungsi left( ) adalah

= LEFT(string;[number_of_characters])

RIGHT( )

Fungsi right ( ) digunakan untuk mengambil beberapa huruf paling belakang atau paling kanan dari sebuah kata atau kalimat. Fungsi right( ) merupakan kebalikan dari fungsi left( ). Misal kita akan mengambil 6 huruf paling belakang dari kalimat "selamat datang".
- Ketik kalimat "selamat datang" di cell A2
- Letakkan pointer di cell B2
- Ketik fungsi =right(A2, 6)

function right



Kata "datang" tampil di cell B2. Format fungsi right( ) adalah

= RIGHT(string;[number_of_characters])

MID( )

Mengambil huruf paling depan dan paling belakang sudah kita bahas. Bagaimana jika huruf yang di ambil berada di tengah-tengah dari kata atau kalimat? Fungsi yang digunakan adalah mid( ). Lakukan langkah-langkah berikut.
- Ketik kalimat "selamat datang" di cell A2
- Letakkan pointer di cell B2
- Ketik fungsi =mid(A2, 9, 4)

function mid


Fungsi mid( ) mengambil urutan huruf dan banyaknya huruf. Fungsi =mid(A2,9,4) berarti mengambil huruf urutan ke sembilan, sebanyak 4 huruf setelahnya. Yang diambil huruf ke 9,10,11,12 yaitu "data".

Ketiga fungsi diatas, tidak hanya mengekstrak huruf tapi juga tanda baca, angka dan spasi. Setiap membuat fungsi left( ), right( ), mid( ), agar selalu memperhatikan jumlah keseluruhan dari karakter, agar hasil yang ditampilkan sesuai dengan maksud kita.


Posting Komentar untuk "Tutorial Google Sheets, Mengekstrak Huruf"