Google Apps, Aplikasi Multiguna Untuk Pendidikan (Bagian satu)

google apps

Google merupakan salah satu raksasa teknologi yang terjun di bidang cloud computing. Produknya hampir semua berbasis cloud. Semua aplikasi-aplikasi yang di buat dan dikembangkan oleh google di sebut Google Apps. Para pengguna smartphone mengenal android sebagai sistem operasi buatan google. Tak heran secara default semua aplikasi yang ada di smartphone android menggunakan Google Apps.

Kita akan bahas beberapa Google apps yang sering digunakan, khususnya di dunia pendidikan. Diantaranya google docs, google sheets, google slides dan google form.

Google Docs (Dokumen)

Aplikasi ini di gunakan untuk membuat dokumen. Mirip microsoft word yang telah lebih dahulu ada. Untuk urusan ketik-mengetik dan membuat dokumen, microsoft word sangat populer di kalangan pelajar dan mahasiswa. Untuk membuat makalah, sudah pasti aplikasi yang di pakai adalah microsoft word.

Untuk menggunakan google docs, pelanggan diharuskan mempunyai akun google. Akun ini nantinya bisa untuk menggunakan aplikasi di google apps, selain google docs. Pada smartphone android, install Google Docs di Play Store, dengan icon seperti ini


docs


Pada desktop, buka google.com klik login di pojok kanan atas. Setelah login, pilih icon 9 titik persegi di samping icon login milik kita. Scroll ke bawah, pilih Docs atau Dokumen 


docs desktop

Tampilan dokumen lebih lengkap saat di buka di desktop atau PC, sedangkan di smartphone lebih sederhana hanya menu penting dan sering digunakan yang di tampilkan. Gambar dibawah adalah tampilan google docs di desktop.


docs desktop


Google Sheets (Spreadsheet)

Berikutnya google sheets, hampir sama dengan microsoft excel. Aplikasi ini di gunakan untuk membuat tabel dan perhitungan-perhitungan. Para pelajar dan mahasiswa menggunakan sheets untuk menampilkan hasil perhitungan statistik, misal menampilkan penjumlahan, rata-rata, nilai maksimal, nilai minimum dan yang lainnya. 

Di play store, icon yang di pilih seperti ini


sheets

Langkah-langkah membuka google sheets di desktop sama seperti membuka google docs, pilih icon sheets. 


sheets



Tampilan google sheets di smartphone seperti ini


sheets



Itulah 2 aplikasi yang ada di google apps. Untuk aplikasi yang lain, bisa di lihat pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Google Apps, Aplikasi Multiguna Untuk Pendidikan (Bagian satu)"