Menghubungkan RTC DS1307 dengan Arduino UNO

rtc ds1307


RTC (Real-Time Clock) DS1307 berbentuk modul berukuran kecil yang dilengkapi baterai. Modul ini digunakan untuk memberikan informasi waktu. Dari namanya RTC adalah sebuah jam. Jam yang belum dilengkapi dengan indikator pembacaan. RTC memerlukan modul lain untuk bisa berfungsi sepenuhnya sebagai jam. 

RTC DS1307

Modul ini berukuran 28 mm x 28 mm, cukup kecil untuk di hubungkan ke modul/board lain. Modul dilengkapi crystal oscillator yang menghasilkan clock sebesar 32kHz. Sumber frekuensi tersebut digunakan sebagai pewaktu bagi RTC DS1307. 

rtc ds1307



Untuk memastikan clock tetap berjalan tanpa henti, modul di lengkapi baterai. Secara teoritis baterai akan bertahan selama 17 tahun untuk men suplai tegangan RTC.

Untuk berkomunikasi dengan modul lain, RTC dilengkapi dengan I2C interface. Bisa menggunakan SDA dan SCL pada pin yang tersedia. Berikut pinout RTC DS1307.

ds1307 pinout

Pin DS, digunakan untuk keperluan pembacaan temperatur. Hal ini bisa dilakukan bila menambahkan sensor suhu DS18B20, pada 3 lubang pin yang kosong di samping tulisan Tiny RTC. Pin SQ untuk pembacaan frekuensi yang dihasilkan crystal oscillator. Pin BAT bisa dihubungkan ke sumber tegangan 3 Volt untuk mem-backup baterai yang sudah terpasang. 

Pengkabelan dengan Arduino UNO

Ada beberapa library yang harus ditambahkan. yaitu uRTCLib dan uEEPROMLib. Ke menu Library Manager install kedua paket tersebut.


rtc lib

Hubungkan RTC dengan Arduino

Pengkabelan RTC dan Arduino
   RTC    ARDUINO
VCC 5V
GND GND
SDA A4
SCL A5

Setelah RTC dan Arduino terhubung, copy program berikut


Perlu diperhatikan, kode rtc.set hanya di upload satu kali. Ubah dengan jam dan tanggal saat ini. Bila telah terupload, kode di disable. RTC akan menyimpan waktu secara up to date walaupun arduino di matikan. Asalkan baterai internal di RTC tidak dilepas. 


arduino with rtc


Jadi saat RTC dihubungkan dengan modul arduino, tidak perlu menuliskan rtc.set, dengan modul yang lain juga, misal ESP32, Attiny85, Raspberry Pico dll. RTC tinggal pakai, tidak perlu konfigurasi dengan waktu saat ini. 

Untuk melihat jam yang dihasilkan RTC, bisa dilihat di Serial Monitor


rtc on serial monitor


Selamat mencoba.



Posting Komentar untuk "Menghubungkan RTC DS1307 dengan Arduino UNO"