Servo dan ESP32 Tanpa Driver Tambahan

servo esp32


Board ESP32 mempunyai kemampuan sama dengan arduino, bahkan di atas arduino karena memiliki koneksi bluetooth dan wifi tanpa modul tambahan. Penggunaannya sebetulnya sama yaitu mengontrol sensor, motor, modul dan seterusnya. Namun ada beberapa pengguna lebih memilih arduino dan menambahkan board tambahan seperti bluetooth dan wifi, daripada menggunakan board ESP32.

Kita akan coba mengontrol servo dengan menggunakan board ESP32. Aplikasi motor servo pada board arduino bisa di lihat di artikel Memutar motor servo arduino. Perangkat yang dibutuhkan adalah board ESP32, servo dan kabel jumper. Tutorial kali ini membahas cara memutar servo tanpa menggunakan driver tambahan.

Kode dan Pengkabelan

Library yang digunakan adalah Servo.h. Sebelum memprogram, tambahkan library ke arduino. Di Library manager masukkan servoESP32. Pilih yang versi 1.0.3, kemudian install.


servo library

Copy kode berikut:

Verify and upload

Untuk pengkabelannya, bisa dilihat pada tabel berikut:


Pengkabelan ESP32 dan Servo 
SERVO SG90    ESP32  
VCC(Merah)       VIN      
GND(Coklat)       GND      
INPUT (Orange)       D13      

Pin data kita tentukan D13, bisa di ubah sesuai keinginan. Saat program dijalankan, servo mulai berputar ke posisi 0 derajat. Lalu ke posisi 180 derajat, kembali lagi ke 0 derajat. Begitu seterusnya dengan waktu yang dibutuhkan 0,01 x 180 = 1,8 detik. 


servo esp32 reality

Perubahan sudut servo bisa di lihat di serial monitor.

Selamat mencoba.



Posting Komentar untuk "Servo dan ESP32 Tanpa Driver Tambahan"