Memutar Motor Stepper dengan Driver ULN2003AN

stepper 28byj-48

Motor stepper adalah motor dc yang berputar secara diskrit artinya tidak kontinyu atau terus menerus seperti motor dc pada umumnya. Putarannya per langkah atau step. Atau diukur per sudut. Dengan motor stepper penentuan posisi bisa presisi. Pada spesifikasi disebutkan berapa sudut setiap langkahnya. Makin kecil sudut berarti makin presisi.

stepper motor
www.ditempel.com

Step Motor 28BYJ-48

Kita akan menggunakan motor stepper 28BYJ-48. Pada datasheet disebutkan motor stepper mempunyai stride angle sebesar 5.625 derajat. Artinya motor stepper membutuhkan 360/5.625 = 64 step untuk melakukan 1 kali putaran. Ini dihitung setelah melalui gearbox yang ada pada motor. Aslinya bisa lebih banyak lagi step yang dibutuhkan untuk satu kali putaran, tergantung rasio gearbox nya. Beberapa motor stepper mempunyai stride angle lebih kecil lagi, berarti motor stepper tersebut lebih bagus, karena bisa dikendalikan ke posisi yang lebih presisi.

Jumlah step yang diperlukan untuk satu kali putaran juga bisa ditentukan melalui script.

Memutar motor stepper lebih rumit dibanding motor dc, karena memerlukan gelombang pulsa (pwm=pulse width modulation) untuk menggerakkanya. Disamping itu juga harus ada driver. Driver ini memberikan tegangan dan arus yang cukup ke motor. Bila hanya menggunakan arduino, dipastikan motor tidak akan bergerak karena tegangan dan arus tidak mencukupi.

uln2003an detail
www.ditempel.com

Driver yang bisa digunakan untuk memutar motor stepper 28BYJ-48 adalah Driver ULN2003AN. Driver ini lebih dari cukup untuk men drive motor stepper berukuran kecil. Ada 4 input yang terhubung ke board arduino. Dilengkapi pula dengan led sebagai indikator gerakan servo. Port yang terhubung dengan motor stepper di buat khusus agar tidak terbalik polaritas nya.

Menjalankan Servo

Berikut ini susunan pin stepper yang dihubungkan ke Arduino

pin 28byj-48 ULN2003AN


Power untuk motor stepper bisa didapat dari board arduino langsung, ataupun power eksternal.


simulasi stepper


Berikut kode yang di gunakan untuk memutar motor stepper


Jalankan motor stepper dengan tetap menancapkan kabel USB pada komputer. Perhatikan pergerakan dari motor stepper. Motor stepper akan bergerak perlahan satu kali putaran, kemudian berbalik arah untuk satu kali putaran berikutnya. Begitu seterusnya, perubahan putaran bisa di amati di serial monitor.


serial monitor stepper


Itulah cara untuk menggerakkan motor stepper 28BYJ-48. Semoga bermanfaat


Link Pembelian Barang



Posting Komentar untuk "Memutar Motor Stepper dengan Driver ULN2003AN"