Setting Access Point Mode LAN Pada Perangkat TP-Link TL-WA801ND

tplink


Access point sebagai media untuk koneksi internet dengan mode wireless. Maka pengguna utama akses point adalah handphone. Access point adalah alternatif koneksi selain menggunakan koneksi data dari provider. Kadangkala kebutuhan kuota melebihi batas maksimal kuota yang tersisa, solusinya ya harus terhubung ke access point terdekat.

Banyak peralatan jaringan tersedia dipasaran yang bisa digunakan untuk access point. Tidak perlu mahal, yang penting bisa untuk koneksi 5-10 perangkat sudah cukup. Salah satunya adalah TP-Link TL-WA801ND. Produk ini dan sejenisnya yang sama-sama merk TP-Link termasuk populer, karena kemudahan setting nya dan kualitas yang tidak kalah dengan produk mid-end.

Spesifikasi

Berikut spesifikasi dari TL-WA801ND

data sheet tl-wa801nd

TL-WA801ND sudah support PoE, artinya perangkat bisa ditempatkan di tempat strategis tanpa harus dekat dengan terminal listrik. Wireless memenuhi standar IEEE 802.11n, yang support untuk sebagian besar merk handphone saat ini. Ada beberapa handphone keluaran terbaru dengan standar  IEEE 802.11ac yang tidak support sinyal wifi dari TL-WA801ND.

Setting Access Point Mode LAN

Bagian pertama, kita akan setting TP-Link TL-WA801ND sebagai WLAN (wireless LAN). Praktek ini ditujukan untuk pengenalan bagaimana akses point bekerja. Pada bagian bawah TP-Link ada petunjuk untuk akses ke perangkat.

tplink tl-wa801 under

TP-Link ini menggunakan metode DHCP(dynamic host configuration protocol), artinya bila port rj45 pada perangkat dihubungkan dengan kabel UTP ke port rj45 komputer, maka komputer secara otomatis mendapatkan alamat IP dari TP-Link.

  • Nyalakan perangkat dengan menghubungkan output daya dari adaptor ke perangkat, dan tombol on/off pada posisi ON. Indikator power pada perangkat menyala, dan indikator koneksi menyala (seperti icon komputer).
  • Konfigurasi network and sharing center, Pilih automatically untuk mendapatkan IP address dari TP-Link

obtain network

  • Buka browser, akses ke tplinkap.net, lalu masukkan username = admin, password = admin.

admin screen

  • Tampil jendela quick setup. Kita tidak menggunakan ini, walaupun dengan mengikuti petunjuk pada quick setup, konfigurasi akses point lebih praktis. Pilih Exit
quick setup
  • Ke menu wireless > Basic Settings. Pada Wireless Network Name ganti dengan nama SSID (Service Set Identifier) yang di inginkan misal AP_ditempel kemudian Save.
menu wireless

  • Akses point yang kita setting untuk keperluan praktek, belum membutuhkan wireless security untuk mengamankan jaringan. Masuk ke menu wireless security, pilih disable wireless security > Save.

disable wireless security


  • Cek koneksi dengan menggunakan perangkat wifi handphone. SSID akan terdeteksi dengan keterangan no internet. Karena saat ini akses point TP-Link TL-WA801ND di seting mode LAN. 

no internet connection



Pada langkah ini, kita telah menyelesaikan setting akses point mode LAN. pengujian bisa dilakukan dengan perintah ping tplinkap.net dengan aplikasi Termux.

Posting Komentar untuk "Setting Access Point Mode LAN Pada Perangkat TP-Link TL-WA801ND"