Menggunakan Driver Motor DC Modul L298N

modul l298n


Banyak proyek arduino menggunakan motor. Biasanya untuk penggerak roda, cnc, lengan robot, tracking, aktuator dan lain-lain. Motor yang digunakan bisa motor dc, motor servo, motor stepper. Pada aplikasi nya, motor tersebut tidak langsung digerakkan oleh arduino, tapi harus menggunakan driver terlebih dahulu. Mengapa demikian? tegangan dan arus output dari arduino tidak cukup untuk menggerakkan motor-motor tersebut. 

l298n


Driver mendapatkan tegangan langsung dari sumber daya atau baterai. Kemudian output dari driver menggerakkan motor. Baterai bisa berasal dari baterai yang sama dengan arduino, konsekuensinya daya pada baterai cepat habis karena tegangan yang diberikan dibagi dua, ke arduino dan driver. Alternatifnya ada 2 sumber daya, pertama ke arduino, sumber daya yang kedua ke driver. 

Spesifikasi Modul L298N

Salah satu driver motor dc yang akan kita bahas adalah Modul L298N. Modul ini sangat pupuler, banyak digunakan untuk penggerak roda pada mobil mainan berbasis arduino. Bisa juga untuk keperluan lain yang membutuhkan putaran dari motor dc. Berikut spesifikasi dari Modul L298N.

specifications l298n
Ada beberapa pin yang ada pada modul. Pin ini mempunyai fungsi masing-masing. keterangan pin tertera pada papan PCB di sekitar pin. Berikut fungsi dari masing-masing pin

pin configuration

Terdapat jumper enable 5 volt yang berfungsi mengubah port 5V jadi input atau output.

jumper 5v enable


Bila tegangan ke driver sama dengan 12 volt atau lebih kecil, jumper dipasang. Dan port 5V  bisa digunakan sebagai output 5 volt untuk men suplay  power ke arduino. Bila tegangan yang diberikan ke driver melebihi 12 volt jumper dicabut untuk menghindari kerusakan pada IC. Akibatnya IC L298N juga membutuhkan daya 5 volt. Maka port 5V berubah jadi input 5 volt untuk mensuplay IC.  Dan power untuk arduino menggunakan catu daya terpisah yang mempunyai tegangan 5 volt. 

Konfigurasi

Untuk melihat bagaimana cara driver L298N bekerja, dibutuhkan 2 motor dc berukuran kecil, atau menggunakan motor dc yang banyak dipakai untuk proyek-proyek arduino.

motor dc


Rangkai driver dengan arduino. Kemudian kedua motor dihubungkan ke driver. Urutan pin nya sebagai berikut:


pin l298n

Untuk program arduinonya silahkan copy dari script arduino dibawah ini.

Penjelasan masing-masing fungsi bisa dilihat di keterangan script arduino pada program diatas.


modul l298n configuration

Jalankan modul, arduino tetap terpasang untuk mendapatkan power dari komputer melalui kabel data USB.  

Urutan arah dan kecepatan motor sebagai berikut: kedua motor berputar bersamaan dengan kecepatan maksimal, kemudian arah putaran kebalikan dari putaran pertama. Berhenti. Berputar dengan kecepatan rendah, terus makin cepat sampai maksimal. Kemudian melambat sampai berhenti. Terus diulang. itulah cara kerja motor driver l298n pada tutorial ini.

Untuk aplikasi mobil mini yang dikendalikan arduino, proyek ini harus dilengkapi dengan tambahan sensor dan pengendali. Misal ditambahkan sensor ultrasonik, joystick dan lain-lain. Semoga bermanfaat.



Link Pembelian Barang


Posting Komentar untuk "Menggunakan Driver Motor DC Modul L298N"