Update Jam dan Tanggal dengan ESP8266 Via NTP Server

esp8266 ntp


Jam dan tanggal dibutuhkan dalam setiap operasi real time pada arduino. Misal untuk menyalakan lampu penerangan secara otomatis, kapan harus menyala, kapan harus padam. Walaupun bisa saja dengan sensor cahaya, saat gelap lampu menyala, tapi kadangkala tidak akurat misal karena mendung. Waktu dan tanggal juga dibutuhkan pada jam digital berbasis arduino.


time


Ada perangkat lain yang bisa memberikan waktu real time yaitu RTC (Real-Time Clock). Itu berarti ada perangkat tambahan yang dibutuhkan. Alternatif lain dengan menggunakan ESP8266/Lolin (Wemos) D1 R2 & Mini. Perangkat ini memberikan waktu dengan cara koneksi ke NTP Server. Apa itu NTP (Network Time Protocol) Server?  Penyedia waktu untuk semua perangkat yang melakukan sinkronisasi dengan server tersebut. Caranya dengan terhubung ke internet. Untuk itu ESP8266 harus terhubung ke internet agar bisa memberikan waktu akurat yang kita inginkan.

NTPClient Library

Ada library yang ditambahkan ke arduino, yaitu NTPClient. Ke menu Sketch > Include Library > Manage Libraries


ntp library


Jangan lupa board arduino di pilih Lolin (Wemos) D1 R2 & Mini


wemos d1 mini




wemos mini



Code

Sebelum menggunakan NTP Server, sediakan koneksi wifi yang bisa terhubung dengan ESP8266. Masukkan ssid dan passwordnya ke program. 

esp8266 ntp



Copy kode program berikut ini, upload.



Pada serial monitor bisa dilihat tampilan jam dan tanggal. 



serial monitor ntp



Kelemahan NTP Server adalah harus terhubung dengan internet. Selamat mencoba.



Link pembelian barang

Posting Komentar untuk "Update Jam dan Tanggal dengan ESP8266 Via NTP Server"