Menggunakan LCD I2C Dengan Arduino Uno

i2c


Ada banyak proyek arduino yang membutuhkan display untuk menampilkan output. Salah satu display yang banyak digunakan adalah LCD 16x02. Penggunaan LCD bisa di konfigurasi langsung dengan arduino, konfigurasi seperti ini membutuhkan banyak pin arduino yang terpakai. Cara meng konfigurasi nya bisa di lihat disini. Untuk menghemat pemakaian pin pada arduino, ada alternatif menggunakan interface i2c (inter integrated circuit). Hanya 2 pin yang terpakai, untuk SDA (serial data pin) dan SCL (serial clock pin). 

Konfigurasi I2C

Alat yang dibutuhkan, arduino dan LCD 16x02 yang sudah dilengkapi interface i2c. Untuk koneksi bisa dilihat pada bagian bawah board arduino, ada label SDA dan SCL. GND dan VCC dihubung ke GND dan 5 V.


lcd i2c



Tutorial ini membutuhkan library tambahan. Berikut ini library yang ditambahkan ke arduino.


Download file diatas, ekstrak. Nama folder hasil ekstrak adalah LiquidCrystal_I2C-master ubah nama folder menjadi LiquidCrystal_I2C. Simpan folder di libraries (Documents > Arduino > libraries).

Copy kode berikut

Perlu di ingat, pengalamatan i2c harus sesuai dengan board yang kita pakai. Tutorial untuk mengetahui pengalamatan i2c ada disini

Tampilan kalimat di LCD bisa di tambah kecerahannya dengan memutar trimpot pada bagian interface i2c. 


lcd i2c

Itulah cara menggunakan LCD 16x02 dilengkapi dengan interface i2c, bandingkan penggunaan pinout dengan metode konvensional. Interface i2c menyederhanakan penyambungan pinout, sehingga pinout arduino lebih efisien. Semoga bermanfaat.


Link Pembelian Barang

Posting Komentar untuk "Menggunakan LCD I2C Dengan Arduino Uno"