Layanan Cloud Computing Berbasis SaaS

saas


Sudah menjadi trend saat ini, komputerisasi beralih ke cloud apalagi banyak platform yang memberikan layanan secara gratis. Keberadaan cloud computing sangat dirasakan ke bermanfaatannya. Selain menawarkan layanan free, tingkat ke praktisan penggunaan cloud computing menjadi opsi pilihan disamping opsi-opsi yang lain. Para pengguna tidak perlu memikirkan hardware, software, platform dan yang lainnya, mereka bisa fokus ke produk yang akan dihasilkan.

Penjelasan cloud computing berbasis infrastruktur, sudah di jelaskan pada artikel sebelumnya. Kali ini kita akan bahas cloud computing berbasiskan SaaS (software as a service). Dari definisi arti kata, bisa kita simpulkan SaaS menawarkan layanan cloud berupa software artinya pelanggan bisa menggunakan software yang dia inginkan berdasarkan permintaan.

Penyedia layanan SaaS diantaranya Google Apps, Microsoft 365, Adobe Creative Cloud dan yang lainnya. Pada artikel ini kita bahas 3 penyedia layanan SaaS tersebut.

Adobe Creative Cloud

Para desainer pasti tidak asing lagi dengan nama Adobe. Perusahaan teknologi pembuat Photoshop ini fokus pada pembuatan software multimedia, dari pengolah suara, pengolah gambar, pengolah video dan yang lainnya. 


adobe price


Bisa di pastikan layanan SaaS Adobe bersifat berbayar, namun untuk mencoba aplikasi yang ditawarkan pelanggan bisa menggunakan gratis selama 7 hari. Software yang di tawarkan diantaranya photoshop, premier pro, Illustrator, audition dan masih banyak yang lainnya. 

Microsoft 365

Siapa yang tidak tahu tentang Microsoft ? Raksasa teknologi ini mendominasi sistem operasi yang di gunakan saat ini yaitu sistem operasi Windows dengan banyak variannya. Yang terakhir Windows 11. Selain membuat Windows, Microsoft juga membuat Office. Aplikasi yang di bundle dalam office adalah Word, Excel, Power point, Outlook dan yang lainnya.


office



Layanan cloud yang ditawarkan Microsoft adalah Word, Excel, PowerPoint, Outlook dan Calendar. Layanan Microsoft 365 tentunya berbayar. Keistimewaan layanan cloud ini adalah bisa kompatibel dengan bermacam platform yaitu Windows, MacOS, iOS dan Android. 

Google Apps

Internet tidak lepas dari keberadaan Google. Layanan utamanya adalah pencarian. Seiring waktu berjalan, google tidak hanya melakukan pencarian tapi membuat bermacam-macam aplikasi yang bisa di gunakan secara gratis. Untuk penambahan kapasitas dan keistimewaan lainnya aplikasi di google bisa dibeli dengan berlangganan. Beberapa aplikasi terkenal yang di layani google diantaranya forms, docs, sheets, slides dan seterusnya.


google apps


Syarat satu-satunya untuk menggunakan layanan aplikasi buatan google adalah akun google. Cukup mendaftar di google satu kali, pelanggan bisa menggunakan aplikasi google secara gratis.

Itulah beberapa layanan cloud computing berbasis SaaS. Selamat mencoba.





Posting Komentar untuk "Layanan Cloud Computing Berbasis SaaS"