Layanan Cloud Computing Berbasis Infrastruktur

iaas

Penjelasan singkat mengenai cloud computing bisa di lihat di artikel sebelumnya. Ada beberapa jenis layanan yang diberikan, salah satunya IaaS (infrastructure as a service). Dari definisinya, client mendapat fasilitas kebebasan menggunakan hardware yang disediakan IaaS. Spesifikasi yang di dapat disesuaikan dengan permintaan client, yang sebanding dengan dana yang dikeluarkan (yang berbayar).

Salah satu contoh layanan cloud computing IaaS adalah penyedia jasa hosting. Apa itu jasa hosting? Tidak lain adalah penyedia layanan untuk menyimpan halaman web, halaman blog, domain, dan yang lainnya sehingga bisa di akses dari manapun dan kapanpun. Penyedia layanan mempunyai server dengan kemampuan menyimpan database dengan kapasitas orde Tera atau yang lebih tinggi. Kemudian server tersebut di sewakan untuk menyimpan data web, blog, domain dan yang lainnya ke pelanggan, sehingga pelanggan tidak perlu repot memikirkan server yang digunakan untuk menyimpan web nya.

Layanan IaaS Tanpa Bayar

Penyedia layanan IaaS yang free salah satunya blogger.com. Platform ini awalnya berdiri sendiri, kemudian pada tahun 2003 di beli oleh Google. Blogger menyediakan layanan hosting untuk data web atau data blog. Data blog yang disimpan berupa tema, artikel, gambar, dan apapun yang menjadi kelengkapan tampilan sebuah blog. Semua orang yang memiliki akun google, bisa membuat blog di blogger.com secara gratis. 


blogger


Langkah pertama adalah login di blogger.com kemudian menentukan nama domainnya. Domain yang dibuat non-TLD (Top level domain) artinya ada akhiran ?????.blogspot.com pada setiap domain yang dibuat, misal www.belajar.blogspot.com. Tutorial cara membuat blog, banyak di jelaskan di internet.

Layanan Iaas Berbayar

Contoh layanan IaaS berbayar adalah jagoanhosting.com. Ini adalah salah satu penyedia hosting yang berbayar yang ada di Indonesia. Ada banyak penyedia hosting diantaranya Niagahoster, Indowebsite, Idwebhost, Dewaweb, Hostnic dan masih banyak yang lain. Alternatif penyedia hosting dari luar negeri diantaranya Digitalocean, AWS dan yang lainnya. 

Langkah langkah yang dilakukan untuk bisa menikmati layanan IaaS berbayar adalah memilih penyedia layanan, membuat akun di platform yang dipilih, memilih layanan, menentukan domain dan seterusnya. Di akhir pendaftaran muncul besarnya biaya yang harus di keluarkan untuk mendapatkan layanan. Keunggulan layanan IaaS berbayar adalah bisa menggunakan domain TLD, tanpa ada tambahan kata di domainnya, misal www.ditempel.com. Pelanggan bisa berlangganan hanya domainnya saja tanpa hosting, tentunya biaya yang dikeluarkan lebih murah dari pada berlangganan dengan hosting. 

Itulah penjelasan salah satu layanan cloud computing berbasis IaaS. Ada bentuk lain layanan IaaS, namun pada tutorial ini hanya menjelaskan salah satunya yaitu penyedia domain dan hosting. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Layanan Cloud Computing Berbasis Infrastruktur"