Update Tanggal dan Jam di Mikrotik Menggunakan NTP Client

ntp client

Mikrotik sebagai perangkat jaringan, mutlak menggunakan parameter waktu untuk digunakan di rules nya. Ada beberapa setingan yang harus menyertakan waktu sebagai parameter, misal blokir situs berdasarkan jam, monitoring jaringan yang real time. 

Perhatikan gambar di bawah ini, mikrotik di nyalakan yang sebelumnya di reset terlebih dahulu. Pada menu Log, Time masih menampilkan waktu default yaitu 2 Januari 1970. 

log mikrotik

Tampilan Time akan tetap seperti itu, meskipun router terhubung dengan internet.

System Clock di Router

Untuk mengubah Time mengikuti waktu saat ini, di lakukan setting pada System > Clock. Kelemahan konfigurasi ini adalah router akan kembali ke waktu terakhir di matikan karena tidak ada mekanisme untuk menyimpan waktu bila power router di off. 

default clock


Alternatif nya setting NTP (Network Time Protocol), yaitu suatu protokol yang memungkinkan perangkat jaringan semisal router, melakukan sinkronisasi dengan waktu jaringan (network time). Network time terinstall di server, saat melakukan sinkronisasi, otomatis time di klien akan menyesuaikan dengan waktu di server. Walaupun router dimatikan, saat router dinyalakan dan terhubung ke internet, maka waktu pada router akan update, menyesuaikan dengan waktu saat ini.

Dibawah ini tangkapan layar saat router ter koneksi ke internet dan secara bersamaan terhubung ke komputer. Waktu pada router mengikuti waktu di komputer walaupun belum konfigurasi NTP Client. Saat router dimatikan dan dinyalakan ulang, waktu di router menunjukkan waktu terakhir saat di matikan. Belum update waktu saat ini.


log after connect


Konfigurasi NTP Client

Ke menu System > SNTP Client, Cheklist Enabled, kemudian input url ntp client 0.pool.ntp.org dan 0.id.pool.ntp.org. > Apply  


input url ntp



Url yang telah di input berubah menjadi alamat IP public dari masing-masing url.

url to ip ntp


Kita lihat di System > Clock tanggal dan jam sudah update mengikuti jam dan tanggal sekarang. Zona waktu juga sudah menyesuaikan dengan lokasi kita.

system clock


Dengan menggunakan NTP cliet, jam dan tanggal pada router selalu update walaupun router di matikan untuk waktu yang lama. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Update Tanggal dan Jam di Mikrotik Menggunakan NTP Client"