Google Apps, Aplikasi Multiguna Untuk Pendidikan (Bagian Dua)

cover classroom



Pada artikel sebelumnya, dijelaskan aplikasi google docs dan google sheet. Masih pembahasan mengenai Google Apps kali ini kita bahas Google Slides dan Classroom.

Google Slides

Aplikasi yang sama dibuat Microsoft yaitu Powerpoint. Yang sudah mengenal powerpoint, tidak mengalami kesulitan saat menggunakan google slides. Aplikasi ini digunakan untuk keperluan presentasi. 

sample slide

Unduh aplikasi Google Slides di Play Store. 


slides

Seperti pada tampilan aplikasi Google Apps yang lain, tampilan di handphone terlihat minimalis, hanya beberapa menu yang sering digunakan yang ditampilkan.


front slide


Untuk memulai membuat slide, tap tanda plus di bagian pojok kanan bawah, kemudian pilih New presentation.


new presentation


Seperti terlihat pada gambar, ada juga pilihan untuk menentukan tema yang nantinya akan diterapkan ke slide. Mulai menulis judul, double tap pada slide. Ketikkan kata yang ingin kita tulis. Untuk menambahkan slide, tap Add slide di pojok kanan bawah.


add slide



Membuat slide di handphone perlu kesabaran dan ketelitian, karena ukuran objek yang kecil. Beda bila menggunakan komputer, dengan bantuan mouse proses editing objek mudah dilakukan.

Google Classroom

Aplikasi ini digunakan untuk membuat kelas virtual. Google classroom harus di gunakan oleh guru dan murid yang sudah terhubung. Artinya aplikasi ini tidak banyak berfungsi bila di gunakan oleh seorang murid tanpa guru. Begitu pun sebaliknya, guru tanpa murid. 

classroom



Aplikasi bisa di install di play store. Setelah ter install, pertama yang kita lakukan adalah peran kita sebagai apa. Bila siswa maka join ke kelas yang sudah di buat oleh guru. Bila guru maka harus membuat kelas terlebih dahulu.

join class



Guru bisa membuat lebih dari satu kelas. Siswa bisa gabung lebih dari satu kelas.


class



Autentikasi untuk bergabung ke kelas menggunakan kode. Dengan kode tersebut, siswa dan guru bisa terhubung


class code



Google classroom sangat bermanfaat sekali untuk membuat kelas virtual. Materi, tugas dan ulangan bisa langsung di upload di classroom. Dan yang pasti ter integrasi dengan aplikasi google apps yang lain, cukup dengan satu akun bisa menggunakan semua aplikasi tersebut.

Itulah pengantar tutorial menggunakan aplikasi di google apps, khususnya yang sering di gunakan di dunia pendidikan. Untuk lebih detail, bisa di baca di artikel selanjutnya.



Posting Komentar untuk "Google Apps, Aplikasi Multiguna Untuk Pendidikan (Bagian Dua)"