Jam Digital Dengan ESP8266 dan LCD I2C Berbasis NTP Server

digital clock


Modul ESP8266 bisa menampilkan waktu saat ini dengan cara sinkronisasi dengan NTP Server. Pada artikel sebelumnya, dijelaskan cara menampilkan waktu di serial monitor. Tutorial kali ini, menampilkan waktu di LCD 16x2. Perangkat yang dibutuhkan ESP8266 Wemos D1 Mini dan LCD 16 x 2 yang sudah dilengkapi dengan i2c. Tidak lupa kabel data dan kabel jumper.

ESP8266 harus tetap terkoneksi dengan NTP server, untuk itu di butuhkan akses wifi agar ESP8266 terkoneksi ke internet. Pada tutorial ini, penulis menggunakan hotspot dari handphone. Tentukan SSID dan password, ketika di konfigurasi.

Library 

Tutorial jam digital menggunakan library yang sudah dipasang pada proyek-proyek sebelumnya.

NTPClient, library ini digunakan untuk sinkronisasi dengan NTP Server. Metode menambahkannya dengan cara Tools > Manage Libraries ketik ntpclient pada pencarian. Tampil NTPClient by Fabrice Weinberg > Install.

LiquidCrystal_I2C, library download di sini. File dalam bentuk rar kemudian di unrar, hasilnya berupa folder LiquidCrystal_I2C-master, rename menjadi LiquidCrystal_I2C, copy kan ke folder Documents > Arduino > libraries. Setelah proses penambahan library selesai, dilanjutkan penulisan code. 

Berikut kodenya

SSID dan password sesuaikan dengan yang tersedia. 

digital clock

Tampilan LCD di baris pertama menampilkan jam. Pada baris kedua, menampilkan hari dan tanggal. Untuk tahun, yang di ambil 2 digit terakhir. Hal ini untuk mengakomodir karakter yang muncul lebih dari 16 digit. 


Link pembelian barang

Posting Komentar untuk "Jam Digital Dengan ESP8266 dan LCD I2C Berbasis NTP Server"